Minggu, 05 Mei 2019

PENGERTIAN SINTAKSIS


 Pengertian Sintaksis
Dalam Kamus Longman English Dictionary of Contemporary English (Quirk, 1987: 1072), disebutkan bahwa sintaksis adalah seperangkat aturan tata bahasa  yang digunakan untuk menyusun dan menghubungkan kata-kata untuk membentuk frasa atau kalimat. Bisa dikatakan bahwa ilmu sintaksis membahas tentang kata, frasa, klausa, kalimat, dan wacana (Suhardi, 2013: 13). Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003: 713) mendefinisikan sintaksis sebagai cabang ilmu bahasa yang mengkaji susunan kalimat dan bagian-bagiannya.
Sebagai bagian dari ilmu tata bahasa, ilmu sintaksis berperan untuk meningkatkan kualitas penyusunan naskah, termasuk naskah hukum. Dalam tataran kalimat, sintaksis membahas unsur gramatika seperti pilihan kata, tanda baca, komposisi, dan struktur kalimat yang berperan penting dalam penyusunan naskah hukum seperti kesepakatan perdamaian mediasi yang semakin populer belakangan ini.
Sintaksis yang baik dalam naskah hukum memungkinkan naskah hukum mudah dibaca dan tidak menyesatkan serta meminimalkan sengketa atau konflk.

Supriyono, SH, S.Pd., SE, MM, CM
pintarbahasa@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...