Sabtu, 29 Desember 2018

CARA MENGHAFAL KOSAKATA


CARA MENGHAFAL KOSAKATA
Bagaimana cara menghafal kosakata secara mudah? Bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan? Pertanyaan-pertanyaan ini banyak diajukan oleh mahasiswa bahasa, murid sekolah, maupun masyarakat umum. Secara tradisional, banyak dosen bahasa Inggris atau guru bahasa Inggris menganjurkan mahasiswa atau muridnya untuk menghafal kosa kata dengan membuat daftar kata untuk dihafalkan setiap hari. Saya dulu juga mencatat sepuluh kata di sebuah kertas kecil dan menempelkannya di dinding kamar tidur. Tapi, cara belajar bahasa Inggris seperti itu dianggap kurang efektif. Sampai-sampai ada orang yang frustrasi malah menganjurkan agar kita ‘membakar kamus’, melarutkan abunya dalam air, dan meminum airnya. Gila ya? Haha..
Ada beberapa teknik atau cara menghafal kosakata sebenarnya mudah. Teknik pertama adalah asosiasi. Dengan teknik menghafal kata ini kita bisa melipatgandakan kosakata dengan cepat. Sebagai contoh, karena kita sudah mengetahui kata ‘cantik’ (beautiful), maka kita bisa mengenali kata-kata serumpun ‘kecantikan’ (beauty), ‘mempercantik’ (beautify), ‘dengan cantiknya’ (beautifully), dan ‘ahli kecantikan’ (beautician.
Selain itu, kita juga bisa menghafal kosakata dari satu kata populer saja. Sebagai contoh, kita sudah mengenal ‘put’ (meletakkan). Kita bisa menambah kosakata baru menjadi ‘put on’ (memakai, menyalakan), ‘put off’ (melepas, mematikan), ‘put in’ (memasukkan), ‘put out’ (mengeluarkan), ‘put aside’ (menyingkirkan, menggeser), ‘put up’ (meninggikan, meningkatkan), ‘put down’ (menurunkan), dan ‘put away’ (membuang).
Cara menghafal kosakata berikutnya adalah teknik analogi. Analogi artinya menirukan. Setelah kita tahu arti satu kata dari bentuknya, kita bisa ‘membentuk’ kata-kata baru dengan bentuk serupa. Contoh, karena kita sudah tahu ‘beautify’ artinya ‘mempercantik’ (kata kerja), maka kita bisa mendapatkan ‘modify’ (mengubah bentuk), ‘nullify’ (menihilkan), ‘clarify’ (menjernihkan), ‘purify’ (memurnikan), dan seterusnya. Nyaris tak terbatas.
Contoh lain, karena kita sudah tahu awalan atau akhiran ‘en’ membentuk kata kerja (contoh, ‘enforce’ = menegakkan), maka kita bisa mendapatkan banyak sekali kata baru ‘enlarge’ (memperluas), ‘enable’ (memungkinkan), ‘endanger’ (membahayakan), ‘encourage’ (memberanikan), ‘entitle’ (berjudul), dan seterusnya. Juga, karena kita tahu ‘widen’ adalah memperluas, maka kita langsung tahu bahwa ‘whiten’ adalah ‘memutihkan’, ‘redden’ adalah ‘menjadi merah’, ‘flatten’ adalah ‘meratakan’, dan ‘sharpen’ adalah ‘mengasah’.
Nah, begitulah cara menghafal kosakata yang efektif. Dengan teknik menguasai kosakata ini, kita bisa belajar bahasa Inggris secara mudah dan menyenangkan. 

email: pintarbahasa@yahoo.com 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...