Jumat, 21 Agustus 2020

CARA MENYUSUN KALIMAT

SERI POLITIK BERBAHASA
Bobot Kata Berdasar Urutan
 
Bobot kata salah satunya ditentukan berdasarkan urutannya dalam suatu kalimat. Semakin berada di depan suatu kata semakin penting kata tersebut. Sebagai contoh, Saya pergi ke Surabaya kemarin, unsur yang diberi bobot paling besar adalah ‘saya’ (bukan orang lain). Berbeda dengan kalimat ‘Ke Surabaya saya pergi kemarin’, bobot terbesar diberikan pada ‘ke Surabaya’ (bukan ke kota lain).
Pemberian bobot kata dimanifestasikan dengan bentuk-bentuk kalimat tertentu, diantaranya sebagai berikut:
Kalimat Pasif = Vaksin COVID 19 sangat dibutuhkan oleh masyarakat (Bandingkan dengan ‘Masyarakat membutuhkan vaksin COVID 19)
Kalimat Inversi = Belum pernah saya lihat anak senakal itu! Bandingkan dengan ‘Saya belum pernah melihat anak senakal itu)
Kalimat Impersonal = (Uanglah yang saya butuhkan (Bandingkan dengan ‘Saya Membutuhkan Uang)
Subjek Semu = Perlu kita kenali masalah dan solusinya (Bandingkan ‘Kita perlu mengenali masalah dan solusinya).
 
 
Supriyono, SH, S.Pd., SE, MM, CM 081802770167

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...