Jumat, 14 Agustus 2020

TEKNIK MENULIS JURNAL INTERNATIONAL

TEIKNIK MENULIS JURNAL INTERNASIONAL
Hari Jumat, 14 Agustus jam 15.30 kemarin saya memberi brainstorming penulisan jurnal ilmiah untuk para doktor dan kandidat doktor di International Journal Clinic melalui media Zoom Meet. Kepada para peserta saya ingatkan kecenderungan kesalahan logika berbahasa yang ada di alam bawah sadar kita. Logika bahasa adalah hubungan kausalitas antara satu unsur bahasa dengan unsur lainnya. Para peserta terhenyak bahwa ternyata banyak perangkap bahasa yang selama ini tidak mereka sadari. "Waah, selama ini kita kalau nulis ya nulis aja. Ga pakai mikir. Ternyata banyak perangkapnya hahah..", kata seorang peserta. "Pak, bagaimana teknik memilih kata yang baik dan benar? Kok kadang saya menjumpai kata 'employ' dan kadang "utilize" saat mengatakan metode yang kita gunakan?" tanya peserta lain. Masih banyak pertanyaan seru lainnya. 

Ketika saya sodorkan daftar kesalahan selanjutnya mereka mulai menertawakan diri. Poliformisme - yaitu penggunaan kata-kata yang semakna secara bersamaan membuat mereka merasa konyol. Bagaimana mungkiin kita menulis "Pelaksanaan kegiatan penandatanganan dokumen kontrak perjanjian kerjasama dilakukan oleh pihak perusahaan dan pihak karyawan" ketika sebenarnya bisa diringkas menjadi "Kontrak kerjasama ditandatangani oleh perusahaan dan karyawan." Betapa borosnya kata yang digunakan. Berbelit-belit tapi kosong. 

Suasana semakin meriah ketika saya ajarkan teknik menguasai kosa kata dengan mudah dan nyaris tanpa menghafal. Mereka mengaku baru pertama kali belajar teknik asosiasi dan analogi dalam melipatgandakan kosa kata. Mereka senangk sekarang bisa menguasai lima kali lipat kosa kata. Bayangkan, dengan semula hanya mengenal 'beautiful' kemudian mereka mengerti kata-kata serumpun seperti 'beauty', 'beautify', 'beautifully', dan beautician'.  

Tak terasa waktu satu jam sudah habis. Masih penasaran. Dan saya menjanjikan pertemuan di minggu depan lebih seru dan menantang. Tak sabar mereka. See you next week.


Supriyono, SH, S.Pd., SE, MM, CM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...