Selasa, 18 Agustus 2020

5 KESALAHAN MENULIS JURNAL INTERNASIONAL

Berikut ini 5 kesalahan saat kita menulis jurnal internasional. Kelima kesalahan ini tidak berhubungan langsung dengan tata bahasa, tanda baca, atau pilihan kata, tetapi sangat krusial karena memengaruhi kualitas akurasi dan presisi naskah.

1.       TIDAK LOGIS

a.       Terimakasih sudah membayar sebelum diminum (harusnya ‘meminumnya’)

b.      Setelah mobil dipanaskan, dia berangkat ke kantor (harusnya ‘memanaskan mobil’)

c.       Setelah ditembak mati, polisi membawa penjahat itu ke rumah sakit untuk diotopsi (harusnya ‘menembak mati’)

d.      Setelah diisi, responden mengembalikannya (harusnya ‘mengisi’)

 

2.      STRUKTUR POLIMORFIS

a.      

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ….. (harusnya ‘Penelitian ini menggunakan ……’)

b.      Responden penelitian dalam studi ini adalah ….(harusnya ‘responden penelitian ini adalah…..)

c.       Diperlukan evaluasi dan penilaian yang cermat dan teliti (harusnya ‘diperlukan evaluasi yang cermat’)

d.      Kuesioner berupa daftar pertanyaan yang memuat pertanyaan-pertanyaan terbuka yang jumlahnya 20 (harusnya ‘kuesioner memuat 20 pertanyaan terbuka).

e.       Pelaksanaan pengumpulan data studi dilakukan dengan meminta responden penelitian mengisi kuesioner riset (Boros kata. Harusnya ‘Data penelitian dikumpulkan dengan meminta responden mengisi kuesioner’.

 

3.      STRUKTUR TIDAK LENGKAP

a.       Di Indonesia giat membangun (Kesalahan: Bukan kalimat. Harusnya ‘Indonesia giat membangun’ atau ‘Di Indonesia PEMERINTAH giat membangun’).

b.      Di Tabel 1 menunjukkan hasil penelitian (Kesalahan: Bukan kalimat. Harusnya ‘Tabel 1 menunjukkan hasil penelitian’ atau ‘DARI Tabel 1 peneliti menunjukkan hasil penelitian’).

c.       Responden yang terdiri eksekutif bank swasta di DIY (Kesalahan: Bukan Kalimat. Harusnya ‘Responden terdiri eksekutif bank swasta di DIY).

 

4.      STRUKTUR TIDAK URUT

a.       Penelitian ini respondennya menggunakan mahasiswa semester I (harusnya ‘Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester I’).

b.      Penelitian ini tujuannya adalah menemukan hubungan antara ….. (harusnya ‘Tujuan penelitian ini adalah menemukan hubungan antara…’)

c.       Kenang-kenangan peneliti berikan pada para responden (harusnya ‘Penelitian memberikan kenang-kenangan pada responden’).

d.      Ditemukan pengaruh yang signifikan dari A terhadap B ….. (harusnya ‘A berpengaruh signifikan PADA B’).

 

5.      STRUKTUR TIDAK SINKRON

a.       Alat ukur penelitian ini menggunakan ……’(Kesalahan: Tidak sinkron. Alat ukur tidak bisa menggunakan. Harusnya ‘Penelitian ini menggunakan …..’ atau ‘Alat ukur penelitian ini adalah……’).

b.      Pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner menggunakan pertanyaan tertutup. (Kesalahan: Tidak sinkron. Mestinya ‘Kuesioner ini menggunakan pertanyaan tertutup’.

 

Supriyono, SH, S.Pd., SE, MM, CM

 081802770167

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...