Rabu, 20 Maret 2019

SKOR TOEFL TINGGI


SKOR TOEFL TINGGI


TOEFL itu mudah! Bahkan ketika kemampuan bahasa Inggris kita pas-pasan, kita masih bisa berharap mendapatkan skor tinggi. Mengenali kisi-kisi soal adalah langkah pertama yang harus dikuasai. Selanjutnya, pelajari juga taktik, teknik, dan strategi mengerjakan soal. Tentu saja kemampuan berbahasa Inggris secara memadai juga diperlukan.
Ada sejumlah ’penghambat’ perolehan skor yang tinggi. Pertama, dalam bagian Listening, banyak orang yang ’salah jalan’ dengan mencoba mencocokkan bunyi. Hakikat ujian Listening dalam TOEFL adalah mencari kesamaan arti, bukan sama bunyi! Bunyi yang berbeda antara yang tertulis di lembar jawaban dengan yang didengarkan, bisa jadi sama arti.  Sebagai contoh, kita mendengar ’didn’t come to the class’ yang sama artinya dengan kata ’absent’ di lembar jawaban.
Kedua, pada bagian Structure & Written Expression, kita suka terjebak pada ’mengartikan’ kata demi kata. Padahal, pada bagian ini kita bisa tetap mengerjakan soal tanpa ’harus’ mengenali arti kata.  Pada bagian Kosa Kata, kita pun bisa menemukan jawaban soal dengan mengenali BENTUK, LETAK, dan KONTEKS kata.  Misal, kata-kata berawalan ’sur—’ punya arti dengan kata yang berawalan ’out ---’ atau kata berawalan ’ex----’ yang semuanya berarti ’lebih’. Maka, otomatis kita bisa menyimpulkan bahwa ’outspread’ sama dengan ’extend’, bahkan meskipun kita tidak tahu artinya. Secara analogi kita bisa memahami bahwa 'outnumber' artinya 'excess' dan ''outage' setara dengan kata 'older' atau 'senior'. Demikian juga, awalan 'sub' dalam 'subterranean' memiliki arti yang sama dengan 'under' dalam underwater dan ahiran 'y' dalam 'windy' sama dengan 'watery' atau 'snowy'. 
Supriyono, SH, S.Pd., SE, MM, CM
081802770167

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...