Kamis, 21 Maret 2019

TUTOR BAHASA INGGRIS UNTUK DOKTER



Menjadi tutor bahasa Inggris untuk dokter adalah pengalaman yang berharga. Selain mendapat honor yang layak tentunya, saya menjadi familiar dengan anatomi, fisiologi, dan patologi. Tentu saja hanya dasar-dasarnya saja. Tapi, lumayan untuk menambah wawasan.
Saat mengajar para residen kedokteran jiwa atau Psikiatri, saya mengenal beberapa istilah, gejala, tanda, dan penanganan penyakit jiwa. Bahkan kemudia saya tahu, bahwa seseorang yang semula saya kira ‘dosen tamu’ bagi para residen pendidikan dokter spesialis kedokteran  jiwa, ternyata adalah ‘pasien’. Penampilannya begitu bersih, rapi, dan ramah. Menurut pandangan awam saya, tidak ada tanda-tanda  lelaki tampan dan banyak bicara itu ‘gila’.
Saat mengajar para residen ilmu penyakit syaraf atau Neurologi, saya menjadi tahu patofisiologi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan syaraf seperti stroke, gangguan tidur, penyakit Alzheimer, dan sebagainya. Kemudian saya menjadi tahu bahwa orang yang tiba-tiba ‘hilang ingatan’ bisa jadi terkena serangan stroke. Bukan menjadi gila.
Demikian pula saat mengajar bahasa Inggris untuk residen Anestesiologi. Secara bertahap, saya ‘diam-diam’ mencuri ilmu anestesi. Kemudian saya mengenal berbagai istilah dan jargon anestesiologi. Saya juga menjadi tahu teknologi dan teknik penghilang nyeri terkini. Bahkan saya bisa membayangkan dengan jelas karena para residen memperagakan cara kerja mereka. Sungguh beruntung, saya mendapat ilmu tambahan tanpa harus membayar mereka. Bahkan mereka yang membayar saya haha..
Eh.. tetiba saya ingat peribahasa (maksim) “sambil menyelam minum air.” Sambil bekerja dan dibayar, saya mendapat bonus ilmu kedokteran.  Memang saya tidak akan menjadi dokter. Tapi, saya menjadi lebih ‘melek ilmu kesehatan’ sehingga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari saya dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...