Selasa, 29 Januari 2019

CARA CEPAT MENGHAFAL KATA


CARA CEPAT MENGHAFAL KATA



Tuliskan 10 kata dan tempelkan di dinding kamar tidur Anda. Pastikan anda membacanya sesering mungkin. ????

Saya tergelitik membaca daftar kata yang ditempel di dinding kamar tidur seorang teman sekitar 20 tahun lalu. Di satu sisi saya sungguh kagum dengan kegigihannya menghafal kata-demi-kata. Di sisi lain, saya merasa kasihan padanya. Bayangkan, dia berjuang menghafal kata yang jumlahnya banyak sekali. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menguasainya. Apa ada jaminan yang sudah dihafal tidak ‘luntur’?
Ketika ada kesempatan, saya dekati teman saya dan saya beritahu pengalaman pribadi saya dalam menguasai kosa kata dalam bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini saya juga ingin membaginya dengan Anda.
Untuk mudahnya, marilah kita pahami bentuk kata terlebih dahulu. Dilihat dari bentuknya, kata dalam bahasa Inggris dapat dibagi menjadi dua:
  1. Kata Dasar : Yaitu kata-kata yang belum mengalami perubahan:
Contoh: Clear, Large, Danger,
  1. Kata Turunan
Contoh: Clarify, Enlarge, Dangerous
Mengenai kata dasar, kita memang mau tidak mau harus menghafalnya, meskipun tetap ada cara-cara cerdas dan efektif untuk menghafalnya. Yang akan kita amati kali ini adalah kata-kata turunan, yang jumlahnya tak kalah banyak, terutama dengan berkembangnya peradaban manusia melalui perkembangan berbagai ilmu dan pengetahuan. Kita bisa mengenali arti kata turunan melalui BENTUK nya. Bentuk kata-kata turunan cenderung konsisten. Oleh karena itu mudah bagi kita ‘meniru’ (analogi) dan ‘menghubung-hubungkan’ (asosiasi). Artinya, apabila kita tahu bahwa, sebagai contoh, kata BEAUTIFY terbentuk dari kata BEAUTIFY dan akhiran FY maka bisa dianalogikan pada kata-kata lain yang sebentuk. Misalnya, CLARIFY, MODIFY.

A. Analogi
Analogi (Menirukan) adalah cara membentuk kata-kata baru dengan menirukan kata-kata yang sudah ada. Jenis kata-kata tertentu memiliki cirri-ciri  yang khas sehingga kita dapat menirukan dengan megikuti pola-pola pembentukan yang sudah ada.
Contoh:
  1. Akhiran –able artinya dapat, sehingga kita bisa membentuk kata-kata baru: readable, workable, understandable
  2. Akhiran –en atau awalan En- membentuk kata sifat menjadi kata kerja: enable, enlarge, empower, endanger, flatten, whiten

B. Asosiasi
Sementara itu, Asosiasi (Menghubungkan) adalah cara membentuk kata-kata baru dengan menghubungkan suatu kata dengan kata-kata yang pernah ada.
Catatan Penting:
  1. Satu kata (misalnya Kata Sifat) biasanya memiliki hubungan arti maupun bentuk dengan kata-kata lain (Kata Benda, Kata Kerta, Kata Keterangan).
  2. Kalau kita sudah mengetahui suatu bentuk kata tertentu (contoh: Clear), maka tidak sulit memperluas kata-kata tersebut dengan mengikuti rambu-rambu yang relative tetap.
Contoh:  Clear (KS), Clarify (KK), Clarity (KB), Clarification (KB), Clarifiable

c. Makna Kata
    1. Bentuk (Kata Benda, Katas Kerja, Kata Sifat, Kata Keterangan)
    2. Posisi (Subyek, Predikat, Obyek, Keterangan, Modifier)
    3. Konteks (Hubungan satu kata dengan kata lain)
Contoh Analisis:
            Please keep this machine from water.
            You must water the wood beore processing.
            He wants a watermelon.

Ada tiga kata ‘water’.  Bentuknya sama, tapi posisinya berbeda. Posisi menentukan arti. Misal ‘must water’ artinya ‘menyiram’. Selain itu, ‘sanding kata’ juga mempengaruhi arti. Contoh, ‘water + melon’ artinya ‘semangka.’

Bila anda ingin berdiskusi  silakan berkorespondensi ke pintarbahasa@yahoo.com
Supriyono, SH, S.Pd., SE, MM, CM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK MENERJEMAHKAN JURNAL

  Jurnal ilmiah memiliki ciri yang khas, diantaranya menggunakan (a) k osa kata tingi; (b) struktur panjang tapi padat Jargon sesuai...